Headlines News :
Home » , , » Belajar Bisnis & Investasi dari Moodo marble

Belajar Bisnis & Investasi dari Moodo marble

Written By Unknown on Rabu, 03 April 2013 | 7:00 PM

Ngomel #8, Bercermin dari pengalaman pengusaha lain lebih baik dari pada menjalani pengalaman buruk diri sendiri
Masih ingat dengan game monopoli kan? sekarang game anak anak ini banyak digemari oleh orang dewasa. kenapa demikian? menurut saya pribadi sich dalam game ini mengandung unsur pelajaran bisnis dan investasi yang sangat luar biasa. Kira kira seperti berikut :
  1. Dalam berbisnis tidak semua diawali dengan komersil, awali dengan yang gratis maka kita akan mendapatkan keuntungan yang besar. Dalam game ini pemain tidak dipungut biaya sama sekali, kita tinggal download, buat akun gratis kemudian bermain. kita juga akan mendapatkan marble (mata uang dalam game) sebesar 20M. jika kita kalah kita juga bisa mengisi ulang marble tersebut dengan gratis. Lalu dari mana perusahaan ini mendapatkan uang dari game tersebut. ternyata perusahaan game ini menjual vocer, dimana vocer ini dapat kita gunakan untuk membeli berbagai asesoris permainan seperti dadu hitam, dadu emas, karakter dll. Pembelian vocer itupun tidak wajib dalam arti tanpa membelipun kita masih bisa menikmati serunya game ini. Kalau kita menengok bisnis bisnis lain yang telah sukses katakanlah facebook.com, awal diciptakanya facebook bukanlah karena sang pencipta ingin berbisnis, namun lebih menekankan bagaimana facebook dapat menjadikan media untuk saling berinteraksi satu orang dengan orang lain yang kita kenal sehingga hubungan persaudaraan tetap terjaga. Contoh lain adalah situs kaskus.co.id dalam historynya dulu kaskus.us bukanlah situs komersil yang besar seperti saat ini, namun mimin menciptakan situs tersebut sebagai media berita bagi mahasiswa indonesia yang saat itu sedang belajar di luar negeri. Itulah indahnya bisnis, kalau kita mau mengawali dengan memberikan manfaat insyaalah pembeli akan dengan sadar membutuhkan produk kita dan bahkan berani membayar berapa mahalnya untuk memenuhi kebutuhanya.
  2. Dalam berbisnis kita harus ingat adanya faktor tak terduga atau lebih dikenal Faktor X. Semulus apapun bisnis yang kita jalankan kita harus hati hati dengan faktor x, dalam game ini kita mengenalnya dengan "kartu kesempatan". kita tidak tau kesempatan apakah yang kita terima apakah kesempatan baik atau kesempatan buruk.
  3. Jangan melepaskan Bisnis yang kita punya begitu saja, tapi tengoklah sekali kali, pikirkan perkembanganya. dalam game ini pertama jalan 1 putaran kita hanya dapat membeli tanah dan membangun rumah, putaran ke 2 kita diperkenankan membangun apartemen dan putaran ke 3 keatas kita diperkenankan membangun hotel. kalau kita tidak menengok bisnis kita maka bisa bisa lahan dan rumah yang kita beli dikuasi oleh lawan kita. Begitu juga dalam berbisnis, jangan pernah melepaskan kendali 100% kepada orang lain namun tetaplah memantau perkembangan bisnis kita.
  4. Harus jeli dalam membedakan Liabilitas dan Aset. Untuk memenangkan game ini kita tidak boleh sembarangan membeli ini dan itu, tapi setiap pembelian kita harus jeli apakah yang akan kita beli ini bersifat aset atau hanya sekedar liabilitas. kedua kata ini memang mudah dibedakan secara makna namun kadang kita kesulitan dalam membedakan antara liabilitas dan aset dalam prakteknya.
  5. Stabilkan antara keuangan dengan investasi kita, dalam game ini meskipun kita memiliki aset tanah dan bangunan yang banyak belum tentu kita akan menang jika kita memiliki sedikit keuangan, kenapa demikian karena kita tidak tahu saat dadu kita putar dan kemudian kita berhenti di lahan lawan maka kita harus membayar biaya sewa, jika kita tidak memiliki dana cukup bisa bisa kita bangkrut. dalam bisnis juga demikian, manajemen keuangan harus pandai pandai kita kelola karena jika suatu saat kita membutuhkan dana banyak masih ada dana backup tanpa harus menjual aset kita.
  6. Kita Hidup ada batasanya, saya pernah bermain game ini dalam posisi peringkat 1 namun ketika mencapai putaran dadu terkahir saya berhenti di negara Seoul yang merupakan invesasi lawan, sayapun terpaksa membayar biaya sewa mahal dan akhirnya sayapun kalah karena berubah peringkat 3 dan gamepun berakhir. dalam bisnis juga demikian, ingatlah kalau kita ini akan mati dan kita tidak akan pernah kapan kita akan bertemu dengan ajal dan apakah yang akan terjadi sebelum ajal kita menjemput.
  7. Kita yang menentukan nasib kita masing masing, kitalah yang memutar dadu, kita yang menjalani permainan ini, kemana dadu berkata kita yang menjalani. begitulah hidup. apa yang kita lakukan adalah pilihan hidup kita.
  8. dan masih banyak lagi hikmah dalam game ini.
Share this article :

1 komentar:

ibu nabila mengatakan...

Assalamualaikum wr.wb saya andy ingin berbagi cerita kepada anda bahwa dulunya saya ini cuma seorang pengamen jalanan yang pendapatannya tidak seberapa,buat makan saja nda cukup apalagi untuk beli obat buat ibu saya karna belakangan ini ibu saya lagi sakit sakitan jadi saya harus membantin tulang buat ibu saya dan adik saya karna bapak kami pergi meninggalkan kami entah kemana,,saya dapat nomor MBAH Darko dari teman saya..awalnya sih saya ragu tapi nda ada salahnya juga saya coba karna sudah banyak paranormal yang saya hubungi tapi tidak ada yang berhasil malahan cuma uang saya aja yang terkuras habis dan akhirnya saya menghubungi MBAH Darko dan mengikuti 4D nya yaitu 5713 dan alhamdulillah berhasil 085 394 591 995 .!!! Kini kehidupan kami sudah tidak seperti dulu lagi dan akhirnya saya juga sdh punya usaha sendiri dan bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HBG MBAH Darko nomor ritual MBAH Darko meman benar2 100tembus.

Komentar Pembaca

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ngomelpedia - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template