Headlines News :
Home » » Mes (memupuk) Pohon Sengon untuk investasi

Mes (memupuk) Pohon Sengon untuk investasi

Written By sam tambur on Rabu, 13 Maret 2013 | 4:45 PM

Omelan #2. Mes (memupuk) Pohon Sengon untuk investasi, kali ini saya akan ngomel tentang bagaimana cara memupuk pohon sengon.
Investasi di bidang pertanian saat ini memang sedang gempar, mungkin orang orang sudah bosan dengan banyaknya kasus investasi bodong yang akhirnya hanya berujung pada hilangnya dana amereka. Saya sendiri selain berinvestasi pada sektor bahan tambang juga melakukan investasi di sektor pertanian, menurut para motivator bisnis sich "jangan meletakkan telur dalam 1 keranjang" artinya jika investasi disatu sektor hancur masih ada investasi lainya yang menutupi.

Alasan utama kenapa saya memilih investasi pertanian dalam hal ini adalah sengon, karena kebutuhan akan bahan kayu dinegara kita semakin tahun semakin tinggi, mulai untuk kebutuhan kertas, mebel, rumah, pernak pernik dan lain sebagainya. Tingginya permintaan bahan kayu ini ternyata tidak dapat serta merta hanya dipenuhi oleh pihak perhutani, apalagi saat ini tanah semakin sempit, sehingga kebutuhan kayu inipun dapat dipenuhi dengan cara budidaya pohon, salah satunya adalah budidaya pohon sengon.

Beberapa hari ini saya melakukan pemupukan pohon sengon yang saya tanam bulan oktober 2012 kemarin. pemupukan ini dilakukan secara rutin tiap 3 minggu sekali hingga umur 1 tahun tujuanya sich untuk merangsang pertumbuhan akar akar sengon sehingga besok kalau udah besar dia akan mampu berdiri kokoh.

Pupuk yang saya gunakan adalah pupuk urea warna merah (pupuk bersubsidi pemerintah) harganya 50 Kg (1 sak kecil) kurang lebih 54.000, cukup murah bukan??? ingat...prinsip dalam berinvestasi adalah ngirit dalam modal dan heboh dalam hasil...wakwkakwkawkakw...

Saya mulai membersihkan tanaman liar yang tumbuh disekitar pohon sengon, tanaman liar ini sebenarnya merupakan tanda kalau tanah yang kita tanami adalah subur. setelah membersihkan tanaman liar baru dech saya buat 4 lubang disekitar pohon kemudian saya taburkan 1 genggam pupuk urea kedalam lubang, eit...jangan lupa menutup kembali lubang, mengingat saat ini (bulan Maret) masih musim hujan jadi jika ada banjir setidaknya pupuk yang kita tabur tidak hanyut bersama air namun malah meresap ke dalam tanah.

Ah...sekian dulu omelan saya, semoga bermanfaat...
Share this article :

0 komentar:

Komentar Pembaca

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ngomelpedia - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template